Jumat, 15 Mei 2015

RPP IPA kelas 3 (Benda dan Sifatnya)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran          : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) 
Satuan Pendidikan   :  SD/MI 
Kelas/ Semester          : III / II
Alokasi Waktu           : 1 x 35  menit

STANDAR KOMPETENSI
Benda dan Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
KOMPETENSI DASAR
2.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda padat dan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda.
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan sifatnya melalui pengamatan dan percobaan.
 INDIKATOR
2.1.1 Menjelaskan wujud benda (padat dan cair)
2.1.2 Menjelaskan sifat-sifat benda padat dan cair
2.1.3 Menyebutkan 3 contoh benda padat
2.1.4 Menentukan benda sesuai dengan sifatnya.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui media visual, siswa dapat mendefinisikan benda padat dan benda cair yang ada di sekitar;
2.      Melalui eksperimendan demonstrasi, siswa dapat membedakan sifat-sifat benda padat dan benda cair;
3.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar;
4.      Menceritakan sifat benda-benda di sekitar.
Karakter yang diharapkan
a.       Disiplin
b.      Religius
c.       Jujur
d.      Kerjasama
e.       Aktif
f.       Ketelitian

            MATERI POKOK
Benda dan Sifatnya
Berdasarkan wujudya benda-benda di lingkungan sekitar dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:
1.      Benda padat, seperti batu, tanah, batang kayu, genting, dan bata.
2.      Benda cair, seperti air, minyak tanah, minyak goreng, kecap, susu, dan sirup.
3.      Gas atau udara, seperti uap dan asap.
Padat
Cair
Gas
Sifat benda cair;
Sifat benda cair, yaitu bentuk cair dan sesuai dengan ruang yang ditempatinya, dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, dapat meresap melalui celah-celah kecil, dan permukaannya selalu tenang dan mendatar.
Benda cair diantaranya air, minyak tanah, minyak goreng, susu, kecap, bensin dan sirup.
Berubah bentuk sesuai dengan bentuk wadahnya
Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah
Air meresap melalui celah-celah kecil
Sifat benda padat;
Benda padat memiliki sifat berbeda dengan benda cair. Dengan melihat dan meraba kita dapat membedakan benda padat atau bukan.
Sifat benda padat, yaitu benda padat tidak dapat berubah bentuk walaupun dipindahakan dari satu tempat ke tempat yang lainnya, benda padat dapat berubah bentuk dengan perlakuan tertentu (dipukul, dipotong, dipahat, dll), dan benda padat memiliki berat.
Yang termasuk benda padat diantaranya batu, genting, pensil, penghapus, dan kayu.
Benda padat tidak dapat berubah bentuk walaupun dipindahakan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.
Benda padat dapat berubah bentuk dengan perlakuan tertentu (dipukul, dipotong, dipahat, dll)
Benda padat memiliki berat.
METODE PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
a.       Metode                 : Simulasi, eksperimen, Active Learning (The great wind
blous/angin berhembus)
b.      Pendekatan          : Saintific berbasis Qur’anic
            KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru mempersiapkan bahan, sumber, dan media pembelajaran
2.      Guru memberi salam dan mengajak siswa berdo’a (membaca Basmallah)
3.      Presensi oleh guru
4.      Apersepsi: bernyanyi “Tik tik tik Bunyi Hujan”
Tik tik tik bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok, dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti (20 menit)
Eksplorasi:
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai sifat-sifat benda cair dan benda padat yang diketahui.
2.      Guru menjelaskan sifat-sifat dari benda cair dan benda padat dengan menunjukkan gambar.
Elaborasi:
3.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok menggunakan permen dan membagikan alat peraga eksperimen.
4.      Guru membimbing kelompok yang terbentuk untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
5.      Siswa bersama guru melakukan eksperimen kemudian guru menjelaskan cara dan proses penyelesaiannya.
6.      Guru memantau kegiatan atau aktifitas masing-masing kelompok dalam melakukan eksperimen.
7.      Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam melakukan eksperimen.
8.      Siswa menyimpulkan hasil eksperimen yang dikerjakan sesuai dengan petunjuk guru.
9.      Salah seorang siswa dari setiap kelompoknya mempresentasikan hasil eksperimennya dan kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi dari masing-masing kelompok.
Konfirmasi:
10.  Guru memberikan apersepsi terhadap hasil kerja siswa.
11.  Guru melengkapi keterangan siswa/kelompok agar menjadikan siswa lebih paham.
12.  Guru memberi penguatan mengenai materi yang telah dipelajari.
13.  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami. 
C.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari.
2.      Siswa melakukan refleksi dengan menjawab tes evaluasi (post test) dalam bentuk lisan.
Siswa mejawab beberapa pertanyaan guru secara lisan sebagai tes hasil belajar melalui metode wind blous (badai berhembus).
a.       Apakah benda benda dapat berubah bentuk jika dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain?
b.      Mengapa tissue yang kering jika terkena air menjadi basah?
3.      Pemberian reward kepada siswa yang antusias belajar.
4.      Guru memberikan penugasan  (refitasi).
5.      Guru memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan menyampaikan rencana pembelajaran dalam pertemuan berikutnya.
6.      Guru menutup pelajaran dengan membaca kaffaratu-l-majlis/Hamdalah
            ALAT DAN SUMBER
Media                          : Gambar, APE/Alat Peraga Edukatif (bata, boneka, ranting,
 plastik, botol air mineral, gelas, air, tissue dan kain), power point
Sumber Belajar            : Buku Pelajaran IPA
PENILAIAN
1.      Prosedur Tes:
a.       Tes dalam proses: dilakukan saat siswa menyimpulkan hasil eksperimen.
Soal               : Ceritakan hasil eksperimen yang telah dilakukan!
Jawab                        : Bahwasannya tissue dan kain yang kering dapat menjadi basah
karena air meresap melalui celah-celah kecil yang terdapat pada
tissue dan kain. 
Penilaian        :
No.
Siswa
4
3
2
1
1
Siswa A
Menceritakan dengan lengkap hasil eksperimen beserta alasannya mengapa tissue dan kain menjadi basah dengan lantang dan percaya diri.
Menceritakan secara lengkap hasil eksperimen dengan lantang dan percaya diri.
Menceritakan hasil eksperimen dengan lantang
Menceritakan hasil eksperimen dengan suara yang tidak terlalu nyaring dan malu-malu.
b.      Tes hasil belajar (post test): tes evaluasi, dilakukan di akhir pembelajaran.
Soal               : 1.  Apakah benda padat dapat berubah bentuk jika dipindahkan
dari satu tempat ke tempat yang lain?
2. Mengapa tissue yang kering menjadi basah jika terkena air?
Jawaban        : 1. Benda padat tidak dapat berubah bentuk jika dipindahkan dari
satu tempat ke tempat yang lain.
2. Tissue yang kering menjadi basah jika terkena air karena air
meresap melalui celah-celah kecil.
Penilaian        :
No.
Siswa
4
3
2
1
1
Siswa A
Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan lengkap beserta alasannya dengan suara yang lantang dan percaya diri.
Siswa menjawab pertanyaan dengan detil dan suara yang lantang.
Siswa menjawab pertanyaan dengan benar.
Jawaban yang diberikan siswa kurang tepat dan kurang percaya diri.

2.      Jenis Tes:
Tes lisan


Cirebon, 10 Mei 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas




.................................                                                   .................................

NIP.                                                                            NIP.

4 komentar:

  1. okeh. Sama-sama
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. sekedar masukan ya mbak.... kalau alokasi waktu itu biasanya minimal 2x35 menit setahu saya kalau RPP KTSP dan itu sudah ketentuannya dari pusat. selain itu juga banyaknya indikator yang dicapai juga disesuaikan dengan alokasi waktu itu.
    mohon maaf bila penulisan sarannya kurang diterima
    terimakasih

    BalasHapus